UPT Bahasa Gelar Diskusi Akademik dengan tema "Bahasa dan Penulisan Akademik yang Efektif Menuju Publikasi Unggul"

Penulis: Editor | Ditulis pada 04 Oktober 2022 19:03 WIB | Diupdate pada 04 Oktober 2022 19:03 WIB


UBB-Bangka. Dalam rangka membantu meningkatkan kualitas penulisan ilmiah dikalangan akademisi, UPT Bahasa UBB gelar Diskusi Akademik dengan Tema “Bahasa dan Penulisan Akademik yang Efektif Menuju Publikasi Unggul” pada hari Jumat 30 September 2022 secara daring.

Diskusi ini menghadirkan narasumber Ardian Wahyu Setiawan, MEd, EdD, Founder dan Chief Editor Prosemantic sekaligus Dosen Prodi Bahasa Inggris Politeknik Negeri Malang. Sebanyak 136 orang peserta dari kalangan mahasiswa, dosen serta umum hadir dalam diskusi ini.

Kegiatan dibuka dengan sambutan Rektor Universitas Bangka Belitung dan Kepala UPT Bahasa. Dalam pembukaan kegiatan, Rektor UBB Dr. Ibrahim, M.Si mengatakan pentingnya untuk senantiasa mengupgrade ilmu dan produktif dalam menghasilkan publikasi bagi kalangan civitas akademika terutama untuk para dosen.

Apalagi saat ini, pemeringkatan perguruan tinggi menjadikan karya-karya ilmiah sebagai indikator utama penilaian. Publikasi pun menjadi syarat penilaian produktivitas sebagai seorang dosen. Untuk itu melalui kegiatan ini, selain menambah wawasan kepenulisan yang efektif untuk berbagai kalangan, Rektor berharap dapat membantu mengevaluasi proses dan hasil karya publikasi para dosen.

Dalaam sesi pemaparan materi yang dimoderatori oleh Shanty Dwi Krishnaningsih, M.Hum, Dosen Bahasa Inggris Jurusan Teknik Mesin Polman Babel, narasumber menekankan bahwa membaca sangat berperan penting dalam proses penulisan publikasi. Beliau menyebutkan bahwa sebelum menulis karya ilmiah, penulis hendaknya membaca dan merefleksikan apa yang telah dibaca terlebih dahulu. Hal ini untuk memperbaharui keilmuan, menyaring informasi, melatih kepekaan dan berpikir kritis, serta menghindari writing block.

Membaca yang dimaksudkan adalah membaca jurnal-jurnal sesuai dengan bidang ilmu, jurnal yang telah terbit sebelumnya, serta jurnal yang ditulis oleh pakar dibidangnya.

“Bukan membaca biasa yang hanya untuk mengerti dan memahami isi, tapi membaca dengan kritis yang mempertanyakan bacaan dan membentuk penilaian dan pendapat pribadi atas apa yang dibaca” imbuhnya.

Saksikan pemaparan materi kegiatan berikut melalui channel Youtube UPT Bahasa Universitas Bangka Belitung atau klik link di bio instagram @uptbahasa.ubb.


Topik

Publikasi Workshop Penulisan
. ayar