Kantor Bahasa Provinsi Babel Ajak UBB Bentuk Organisasi Penggiat Bahasa

Penulis: Editor | Ditulis pada 13 April 2022 13:25 WIB | Diupdate pada 13 April 2022 13:28 WIB


Kemarin (Selasa, 12 April 2022), Universitas Bangka Belitung (UBB) menyambut silaturahmi dari Kepala Kantor Bahasa Provinsi Bangka Belitung, Muhammad Irsan, S.S., M.Hum., beserta empat orang staf di Gedung Rektorat UBB. Disambut oleh Wakil Rektor I, Kepala UPT Bahasa, dan Ketua Jurusan Sastra Inggris, silaturahmi kali ini membawa agenda penjajakan kerja sama program kebahasaan.

Dalam kesempatan kali ini, UBB diminta untuk ikut dalam pembentukan Afiliasi Pengajar dan Pegiat Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (APP BIPA) di Bangka Belitung. APP BIPA ini sendiri adalah organisasi profesi yang beranggotakan pengajar BIPA dan pegiat BIPA baik di Indonesia maupun luar Indonesia. Dikutip dari laman resmi APP BIPA, misi utama APP BIPA adalah memartabatkan Bahasa Indonesia dan memperkenalkan bahasa dan budaya Indonesia kepada orang asing.

APP BIPA saat ini sudah memiliki 16 cabang dalam negeri dan 4 cabang luar negeri, diantaranya Jerman, Jepang, Thailand dan Timor Leste. Dengan didirikannya APP BIPA di Baangka Belitung, harapannya UBB bisa mulai membuka program pertukaran mahasiswa luar negeri.

Selain berkoordinasi tentang APP BIPA, program kebahasaan yang didiskusikan antara lain adalah rencana pelaksanaan tes Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) serta penyelenggaraan kursus Bahasa Indonesia di UBB. Untuk itu, Wakil Rektor I, Dr. Nizwan Zukhri, S.E., M.M., dalam akhir diskusi mengarahkan agar UPT Bahasa dapat membantu menjalankan program tersebut dan berkoordinasi dengan Kantor Bahasa Babel sebagai pemantapan program secara teknis.


Topik

UPT_Bahasa
. ayar