UPT BAHASA IKUTI SOSIALISASI UJI KEMAHIRAN BERBAHASA INDONESIA (UKBI) ADAPTIF MERDEKA

Penulis: Editor | Ditulis pada 07 Maret 2023 11:42 WIB | Diupdate pada 07 Maret 2023 11:42 WIB


Kamis lalu [23/02/23] UPT Bahasa UBB diundang untuk mengikuti Sosialisasi Uji Kemahiran Berbahasa Indoensia [UKBI] Adaptif Merdeka yang diadakan oleh Kantor Bahasa Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di Hotel Cordela, Pangkalpinang. Kegiatan ini bertujuan meningkatkan partisipasi pihak sekolah dan perguruan tinggi dalam pelaksanaan UKBI Adaptif Merdeka.

Dalam sosialisasi ini, sekolah dan perguruan tinggi diharapkan dapat berkomitmen menyukseskan program UKBI Adaptif. Saat ini, dalam dunia pendidikan peserta didik tidak hanya diharapkan memiliki kompetensi bahasa asing saja, tetapi juga kemampuan berbahasa indonesia yang baik.

Tidak hanya untuk meningkatkan kualitas bahasa Indonesia serta penggunaan dan pengajarannya di dalam dan luar negeri, manfaat UKBI juga untuk memupuk sikap positif dan rasa bangga masyarakat Indonesia terhadap bahasanya. Saat ini, sertifikat UKBI telah dijadikan sebagai pemenuhan syarat bagi pelajar dan mahasiswa dalam pemerolehan beasiswa dari beberapa lembaga pemerintah dan swasta.

Dikutip dari laman ukbi.kemendikbud.go.id, UKBI adalah sarana uji untuk mengukur kemahiran seseorang dalam berbahasa Indonesia lisan atau tulis. UKBI terdiri atas lima seksi, yakni Seksi I (Mendengarkan), Seksi II (Merespons Kaidah), dan Seksi III (Membaca) dalam bentuk soal pilihan ganda serta Seksi IV (Menulis) dalam bentuk presentasi tulis, dan Seksi V (Berbicara) dalam bentuk presentasi lisan. 

UKBI Adaptif dilaksanakan secara daring dengan range nilai 251-800. UKBI dikembangkan oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa dan pelaksanaan ujinya dilakukan secara daring.

Untuk info lebih lanjut mengenai UKBI, #sobatbahasa dapat langsung ke laman ukbi.kemdikbud.go.id. Bagi yang ingin mendaftar, dapat menghubungi Tim UKBI Kantor Bahasa Kepulauan Bangka Belitung melalui pos-el: ukbi.kbbabel@kemdikbud.go.id atau nomor whatsapp 081381164802.


Topik

Pusat_Bahasa UPT_Bahasa
. ayar